Project 2 – Fungsi Bisnis

Tentang Hotel Solaris

Image result for hotel solaris malang








Hotel SolarisNama resminya adalah PT Solaris Pratama Indonesia merupakan inovasi baru dari hotel modern, adalah sebuah hotel persembahan dari Tanly Hospitality. Tanly Hospitality adalah grup manajemen perhotelan yang sedang berkembang di Indonesia dan merupakan bagian dari Tancorp Corporation (Avian Brands, Cleo Pure Water oleh Tanobel, Depo Bangunan, CMN Moorlife, Tanrise Property, dan masih banyak lagi).

Kami menyambut semua wisatawan bisnis maupun bagi keluarga yang ingin menikmati liburan. Hotel Solaris didirikan untuk memberikan kenyamanan berkelas dengan harga yang terjangkau. Setiap kamar di Hotel Solaris memiliki tempat tidur nan nyaman, berbagai jenis minuman dan makanan, meja kerja yang luas, shower, jendela , dan akses Wi-Fi gratis.
Hotel Solaris mulai berdiri pada bulan April 2011. Nama Solaris ini sendiri diambil dari nama ibu dari pemilik Hotel Solaris, Bapak Hermanto Tanoko, "Soeryani" yang berarti 'Matahari' dan huruf 'O', yang melambangkan sebuah pusat, layanan perhotelan yang menginspirasi dan berkomitmen untuk memberikan keramahan yang luarbiasa dalam memberikan pelayanan. Hotel Solaris akan terus berkembang lebih lagi untuk membangun jaringan hotel yang kuat di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Visi

Menjadi hotel lokal modern yang paling terkenal di Indonesia

Misi

Memberikan pengalaman hotel lokal modern melalui pelayanan khas Indonesia yang hangat


TANLY HOSPITALITY


Tanly Hospitality is a growing hotel management group in Indonesia and is part of Tancorp Corporation (Avian Brands, Cleo Pure Water by Tanobel, DepoBangunan, CMN Moorlife, Tanrise Property, and many more). Tanly Hospitality was founded by Hermanto Tanoko in 2010. The name Tanly is an acronym composed of the family name Tanoko and the word friendly. 
Currently Tanly Hospitality is operating a number of hotels in Surabaya, Malang and Bali, ranging from business to 5-star establishments.The greatest advantages that each of the hotels above have are their incredibly strategic locations and diversity in market segmentation. In the upcoming ten years, Tanly Hospitality hopes to open 100 hotels throughout Indonesia’s major cities.
Our Values
Customer Focus. Ability to make customers (internal & external) and their needs as a focus.
Integrity. Behave honestly in terms of words, have commitment and consistency in acting according to rules, norms and morality.
Teamwork. Ability to be part of a group, working with group members, and contributing to the achievement of group goals.

Agility. The ability to move quickly, flexibly and decisively in anticipation, start and take advantage of opportunities and avoid the negative consequences of change.


Solaris mempekerjakan 61 orang karyawan yang dibagi menjadi 8 departemen


Struktur Organisasi


Image result for struktur organisasi hotel bintang 3
Tanggung Jawab masing-masing Fungsi Bisnis :
1. General Manager
General Manager adalah puncak pimpinan dari sebuah struktur organisasi hotel. Ia bertanggung jawab atas keseluruhan penyelenggaraan hotel dan kinerja seluruh karyawannya.

a. Menganalisis data semua karyawan sebagai bahan acuan untuk memperbaiki kinerja di masa mendatang.


b. Mengontrol operasional harian perusahaan agar terciptanya iklim kerja yang harmonis.


c. Bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.


d. Menjaga kerjasama yang baik antar partner kerjasama dengan menjaga koneksi yang berkesinambungan


e. Menghadiri seminar atau undangan dalam rangka meningkatkan channel serta jaringan sebagai upaya memperluas marketing network


f. Bekerja dengan cepat dan efektif sebagai bahan percontohan bagi karyawan karena sebagai seseorang dengan jabatan tersebut kita menjadi pekerja model yang patut ditiru.


g. Bekerja dengan loyalitas tinggi dan penuh dengan skill professionalisme yang  relevan dengan bidang kerjanya.

2. Assistant General Manager atau Executive Assistan Manager.

Yang ke dua dari  struktur organisasi hotel adalah : Assistant General Manager atau Executive Assistan Manager adalah wakil General Manager. Jabatan ini pada umumnya ada di hotel-hotel besar di mana General Manager perlu dibantu dan didukung oleh Assistan General Manager. Penanganan tugas-tugas manajemen yang telah dirumuskan dan diarahkan oleh General Manager dilaksanakan dan dikomunikasikan kepada Assistant General Manager. Selanjutnya diteruskan ke Departmen Head.

3. Controller

Controller adalah akuntan internal hotel. Controller bertanggung jawab atas efektivitas pengelolaan administrasi dan penyajian data keuangan yang disusun setiap hari. Ia akan dimintai pendapat dan pandangannya dalam hal keuangan hotel.


4. Plant Engineer

Plant Engineer adalah pejabat yang bertanggung jawab atas pemeliharaan, pengelolaan, dan perbaikan seluruh aset yang meliputi: gedung hotel, perlengkapan mekanik dan elektronik, dan energi hotel. Pengelolaan listrik, gas, dan air adalah tanggung jawab plant engineer.

5. Executive Housekeeper

Executive Housekeeper adalah pemimpin departemen yang memiliki kemampuan merencanakan, mengorganisasi, Dan mengevaluasi pekerjaan dibidang housekeeping. Ia bertanggung jawab atas kebersihan kamar-kamar tamu dan area umum yang dimiliki hotel.

6. Human Resources Development Manager
HRD Manager adalah pejabat yang bertugas mengelola sumber daya manusia untuk keberhasilan hotel. HRD Manager harus menguasai hukum dan perundang-undangan yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, baik lokal, nasional, maupun internasional. Ia bertugas menerima dan mengangkat pegawai baru, menyelenggarakan semua administrasi kepegawaian dan kegiatan karyawan, serta mengadakan pelatihan terhadap karyawan. Pelatihan yang sering dilakukan yaitu pelatihan C I N T A  Nilai -nilai tersebut terdiri atas : Customer Focus - Integrity - Nasionalism - Teamwork - Agility. Dengan nilai yang sudah ditetapkan, kami berharap Tancorp dapat menjadi perusahaan yang terdepan dan turut membangun Bangsa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik


7. Recreation Director
Recreation Director adalah pejabat yang bertugas mengelola kegiatan hotel yang berkaitan dengan kegiatan rekreasi di area hotel.

8. Marketing and Sales Director
Marketing and Sales Director adalah pejabat yang menentukan keberhasilan hotel dalam menjual produk hotel kepada konsumen.


a.   Product
 Produk merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemasaran kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk terdiri dari physical product yang meliputi, gedung, kamar, lobby, makanan & minuman dan lingkungan dll. Selain itu people yaitu karyawan yang melayani tamu, yang disebut “Sikap Melayani Paripurna” hal yang disandangnya oleh seorang karyawan meliputi sikap, penampilan, keterampilan dan kepribadian. Penerapan strategi ini telah dilakukan oleh Solaris Hotel dengan menawarkan produk yang berbeda dari kompetitor serta memberikan kualitas dan pelayanan yang terbaik untuk konsumen. Sehingga konsumen merasakan kepuasan atas pelayanan yang diberikan.

b.    Price
 Harga merupakan nilai yang terkandung didalam suatu produk. Adapun tujuan untuk menetap harga yaitu untuk memaksimalkan harga, mempercepat aliran uang, memenuhi target keuntungan dll. Harga yang ditawarkan oleh Solaris  Hotel memang cukup bersaing, tetapi harga tersebut sudah sesuai dengan fasilitas dan kualitas pelayanan yang diberikan. Sehingga konsumen merasa puas dengan pelayanannya.

c.   Promotion
 Promosi dilakukan dengan komunikasi yang bersifat persuasif. Adapun tujuan promosi yaitu untuk jangka panjang dan jangka pendek. Kegiatan promosi dilakukan dengan promotion mix yaitu advertising, personal selling, publicity, dan sales promotion. Solaris Hotel telah menggunakan penerapan strategi pemasaran tersebut dengan menggunakan teknik promosi melalui direct marketing. Promosi yang dilakukan oleh Solaris Hotel  telah menarik perhatian konsumen untuk berkunjung.
d.   Place

 Tempat merupakan elemen marketing mix yang memegang peranan cukup penting bagi keberhasilan suatu pemasaran, untuk itu Solaris Hotel selain melakukan penjualan langsung ke konsumen juga mendekatkan diri dengan Channel of Distribution. Penerapan strategi pemasaran ini telah diterapkan oleh Solaris Hotel dengan melakukan bekerjasama dengan para travel agent. Tempat Solaris Hotel membuat masyarakat mengetahui akan adanya Solaris Hotel serta membuat konsumen tertarik untuk berkunjung.

9. Food & Beverage Manager

F&B Manager adalah pejabat yang bertugas mengelola Food and Beverage Department Untuk dapat menyajikan makanan dan minuman berkualitas yang disenangi tamu. Merencanakan menu, memastikan bahwa setiap bawahanya dapat menyajikan makanan dengan cepat dan ramah, dan mengendalikan biaya Food and Beverage Department.

10. Front Office Manager

FO Manager adalah pejabat hotel yang bertanggung jawab atas pengelolaan kantor depan.

11. Security Director

Security Director bertanggung jawab atas keamanan hotel secara keseluruhan. Ruang lingkup pengamanan hotel meliputi para karyawan, para tamu, dan aset hotel. Security perlu menciptakan kondisi yang aman sehingga tamu betah tinggal di hotel dan para karyawan bekerja dengan nyaman.


Join us! With Tanly Hospitality you will be able to maximize your potential and skills as well as get the chance to upgrade your career.  If you are looking for a workplace with a great environment and an employer that is appreciative of your efforts, this is the place for you!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Project 1 – Identitas Perusahaan

Project 3 – Cerita Sukses